Apakah Penyelarasan Posisi Tubuh yang Keliru Bisa Menyebabkan Cidera?

Lucas Rockwood
5 Maret 2010

Menyenangkan memang, kalau tulang punggung Anda TIDAK PERNAH sakit, kalau lutut Anda tidak pernah berdenyut, dan bahu Anda tidak pernah pegal…

…tetapi kalau Anda benar-benar menggunakan tubuh Anda untuk melakukan yoga atau aktifitas lainnya, kemungkinan besar dari waktu ke waktu Anda akan merasa nyeri.

Dan, terkadang, Anda akan cidera.

Guru yoga sering menimpakan kesalahan penyebab cidera kepada penyelarasan posisi tubuh yang keliru atau “terlalu memaksakan diri,” tetapi karena Anda tidak akan pernah bertemu dengan siswa yoga yang serius yang belum pernah mengalami paling tidak dua kali cidera, maka saya menyebutnya “bagian dari kehidupan…” untuk dihindari sedapat mungkin.

Jangan salah sangka, Anda harus selalu berlatih secara aman, tetapi sekarang itu sudah sampai pada tahap guru yoga tidak akan membiarkan Anda berbaring di lantai tanpa menyangga leher secara sempurna dan menaruh bantal empuk di bawah kaki Anda.

Itu bukan yoga. Itu terapi namanya. Cara-cara itu punya tempat tersendiri, tetapi itu terlalu berlebihan bagi kebanyakan orang yang cakap, sama berlebihannya dengan memakai helm untuk berjalan-jalan di luar.

Praktik yoga yang sempurna itu tidak ada, penyelarasan posisi tubuh itu hanyalah mitos (tubuh kita itu secara alami tidak seimbang) dan semua itu adalah proses.

Jadi pinggang Anda sakit setelah mengikuti latihan yoga. Mungkin Anda melakukan sesuatu secara keliru. Mungkin, itu hanyalah sesuatu yang perlu terjadi agar Anda memahami tubuh Anda secara lebih baik dan menyadarinya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan sekarang?

Berikut tanya-jawab yang mungkin bisa membantu….

T: Bagaimana saya bisa tahu apakah saya cidera atau hanya pegal-pegal biasa saja?
J: Rasa nyeri akan sembuh dengan cepat (dalam hitungan hari), sementara cidera akan memakan waktu beberapa minggu atau beberapa bulan untuk sembuh.
CATATAN: 80% dari cidera sungguhan dimulai dari bagian tubuh yang nyeri yang tidak ditangani secara tepat.

T: Bagaimana saya bisa tahu apakah saya terlalu nyeri untuk bisa latihan?
J: Kalau dalam waktu 15 menit mengikuti kelas tempat yang nyeri masih terasa sakit, Anda perlu beristirahat, paling tidak dari melakukan pose-pose yang menargetkan bagian tubuh tersebut, selama 2-3 hari lalu cobalah lagi.

T: Apakah boleh melakukan Hot Yoga* selama saya cidera?
J: Pada kondisi tertentu boleh. Suhu panas bisa bersifat terapis, tetapi kerugiannya ialah suhu tersebut bisa menyamarkan rasa nyeri. Anda mungkin merasa luar biasa dalam kelas, lalu Anda pulang ke rumah dan 1 jam kemudian Anda berjalan bagaikan Quasimodo. Kalau itu sampai terjadi, hindari suhu panas hingga Anda kembali 100%.

T: Dokter menyuruh saya BERHENTI melakukan yoga sampai rasa nyeri saya sembuh… apakah benar begitu?
J: Tujuan dokter Anda itu untuk menghentikan rasa nyeri. Itu memang tugasnya. Jadi, ya, jika Anda tidak melakukan apa-apa, berbaring begitu saja di tempat tidur dan bersantai, rasa nyeri itu akan hilang dengan segera – masalahnya, ketika Anda menggunakan tubuh Anda kembali, Anda akan menciderai diri sendiri dengan begitu cepatnya sehingga Anda tak kuat menahannya.

Untuk sembuh dan kuat, Anda harus terus berlatih, tetapi secara perlahan dan hati-hati. Semoga membantu…

Jagalah kelenturan,

Lucas
YOGABODY Naturals LLC
www.YogaBodyNaturals.com

*Hot Yoga: melakukan gerakan yoga dalam suhu kurang lebih 40 derajat celcius.

Terjemahan dari ” Does Bad Alignment Cause Injuries?” oleh Lucas Rockwood

Tentang Dina Begum

Penerjemah bersertifikat Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Bagi Dina, menerjemahkan itu impian, kebanggaan dan hobi. Membaca adalah bagian dari hidupnya.
Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Apakah Penyelarasan Posisi Tubuh yang Keliru Bisa Menyebabkan Cidera?

  1. Ping balik: Apakah Penyelarasan Posisi Tubuh yang Keliru Bisa Menyebabkan Cidera? « Dina's Pensieve

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s